Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Lebih Meningkatkan Penjualan

November 23, 2021
Pengembangan Bisnis UMKM
5 menit

Pemasaran merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis. Strategi pemasaran yang efektif menempati posisi penting yang dapat Anda manfaatkan untuk mendorong terealisasinya rencana bisnis. Mengingat persaingan dunia bisnis tergolong tinggi, diperlukan strategi bisnis yang matang. Tujuannya, supaya bisnis lebih fokus dan terarah sehingga dapat mencapai target yang ditentukan. Perlu diingat bahwa sekalipun produk berkualitas baik dan dibuat sesuai selera pasar, bisnis Anda akan kurang berkembang tanpa pemasaran yang tepat.


Apa yang Dimaksud Strategi Pemasaran?

© pixabay

Pemasaran merupakan strategi yang kerap digunakan pebisnis untuk mendongkrak popularitas produk. Strategi marketing dapat diartikan sebagai upaya memasarkan produk menggunakan pola rencana atau taktik tertentu sehingga terjadi peningkatan penjualan. Singkatnya, strategi pemasaran adalah rencana yang dibuat untuk menjangkau target pasar kemudian mengubahnya menjadi konsumen produk tersebut. 

Hal tersebut sesuai dengan pendapat Philip Kotler yang menyatakan bahwa strategi marketing adalah pola pikir yang diterapkan untuk mencapai tujuan bisnis. Stanton juga mengemukakan bahwa strategi pasar adalah sebuah sistem yang berkaitan dengan tujuan perencanaan, penentuan harga, promosi, dan distribusi produk atau jasa pada konsumen. Sofjan Assauri menyebutkan bahwa manajemen ilmu pemasaran adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan rencana yang telah dibuat untuk membentuk dan menjangkau target pasar serta mengubahnya menjadi konsumen.

Fungsi, Tujuan, dan Pentingnya Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Anda

© pixabay

Pemasaran yang tepat dapat meningkatkan nilai ekonomi sebuah bisnis maupun perusahaan. Secara garis besar terdapat empat fungsi strategi marketing, yakni:

  • Meningkatkan Motivasi 

Strategi marketing dapat meningkatkan motivasi pebisnis untuk berpikir lebih luas dan melihat masa depan menggunakan sudut pandang berbeda. Meskipun penting mengikuti perkembangan pasar, Anda harus memiliki inovasi untuk terus bertahan dan memenangkan persaingan.

  • Koordinasi Lebih Efektif

Strategi marketing berfungsi mengatur dan mempermudah koordinasi. Hal ini memungkinkan Anda bersama tim akan lebih fokus terhadap cara membidik target yang tepat sasaran untuk kelangsungan bisnis.

  • Memudahkan Perumusan Tujuan

Sebagai pebisnis, Anda tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Berbekal strategi marketing, membuat rincian target jangka pendek maupun jangka panjang menjadi lebih mudah dan terarah.

  • Pengawasan Karyawan Makin Mudah

Strategi marketing juga berfungsi mengawasi kinerja karyawan yang membantu Anda menjalankan bisnis. Fungsi pengawasan ini memungkinkan Anda menilai karyawan mana saja yang berstandar tinggi dengan kinerja mumpuni. 

Secara umum, strategi marketing bertujuan untuk membawa bisnis Anda ke arah tepat. Adapun tujuan sistem pemasaran, antara lain:

  • Meningkatkan kesadaran produk. 
  • Membangun reputasi bisnis.
  • Mempercepat pertumbuhan bisnis.
  • Membidik pasar yang tepat.
  • Memastikan Anda memaksimalkan sumber daya untuk memajukan bisnis. 

Strategi marketing diperlukan lantaran bisnis idealnya terus bertumbuh. Tanpa pemasaran, Anda akan menghambat perkembangannya. Mengingat pasar terus mengalami perubahan, kecenderungan orang melupakan sesuatu, dan tingginya persaingan, Anda membutuhkan strategi marketing untuk memperkuat identitas bisnis, mempertahankan kelangsungan bisnis, dan menjaga kesetiaan pelanggan.

Komponen yang Membentuk Strategi Pemasaran

© canva

Pemasaran tidak dapat berdiri sendiri lantaran terdiri dari sejumlah komponen berbeda, yakni:

  • Produk

Pastikan produk yang Anda jual telah sesuai dengan kondisi market. Jika belum, maka ciptakan produk yang selaras dengan kebutuhan konsumen. Alangkah baik apabila Anda mempunyai produk inovatif yang dapat menyelesaikan permasalahan konsumen sekaligus bisa mendatangkan keuntungan sesuai target.

  • Orang-orang

Agar bisnis Anda sukses, pahami kebutuhan dan keinginan calon konsumen. Karakteristik, perilaku, dan sifat adalah kunci memahami konsumen. Lakukan riset dan kumpulkan informasi umum, mulai dari umur, jenis kelamin, pendidikan, hingga hobi. Melalui cara ini, Anda bisa merancang strategi marketing terbaik. Selain konsumen, pastikan bahwa staf atau tenaga penjualan merupakan pribadi yang ramah dan mampu mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

  • Tempat 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pilih lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen. Apabila Anda hendak berbisnis online, pastikan website memiliki nama unik yang mudah diingat, berisi konten yang informatif serta mudah digunakan bertransaksi. Selain itu, pastikan stok barang terjaga, akses produk tidak menyulitkan, dan pelayanan ramah.

  • Harga 

Dalam menetapkan harga jual, Anda harus mempertimbangkan posisi bisnis dan pengaruhnya terhadap konsumen. Keputusan penetapan harga sebaiknya tidak memberatkan konsumen namun tetap mendapatkan keuntungan.

  • Promosi

Promosi dilakukan untuk membuat bisnis Anda dikenal luas. Promosi biasanya mencakup, iklan, sponsor, dan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat. Agar promosi tepat sasaran, sangat penting melakukan analisis titik impas dan memahami kelayakan nilai konsumen.

  • Pesan 

Sangat penting berkomunikasi secara berkala dengan konsumen. Pesan dapat menciptakan ikatan kuat antara konsumen dengan suatu produk atau merek. Pesan narasi merupakan cara efektif mengikat konsumen untuk terus menggunakan produk Anda. 

Tips Strategi Pemasaran Efektif Untuk Kembangkan Bisnis Anda

© pexels

Terapkan sejumlah hal berikut ketika Anda menyusun strategi marketing efektif dan tepat sasaran.

  • Konsisten dan Terencana – sikap konsisten dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis. Perencanaan yang matang memudahkan Anda menarik atensi konsumen. 
  • Kesesuaian Target Pasar – agar target jelas dan tepat cobalah untuk memilih      segmen pasar yang benar-benar sesuai dengan produk maupun layanan yang ditawarkan.
  • Menghitung Anggaran – hitung pengeluaran secara rinci agar Anda makin mudah menghitung anggaran dan membuat rencana bisnis berkelanjutan.
  • Menerapkan Marketing Mix – strategi pemasaran ini menggabungkan antara produk, harga, dan tempat promosi. Tentukan lokasi berjualan, cara distribusi, dan cara supaya konsumen mengetahui tentang bisnis Anda.
  • Menyediakan Website Bisnis – pasarkan bisnis Anda melalui website khusus. Website dapat menjaring konsumen dari dalam maupun luar kota. Bahkan, luar negeri.
  • Melakukan Branding – lakukan pencitraan atau branding agar konsumen menyukai dan menerima produk Anda. Branding juga efektif membuat bisnis Anda dikenal lebih luas.
  • Promosi – manfaatkan media sosial dan fitur berbayar untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran merek agar omset bisnis Anda semakin melejit. Contoh strategi pemasaran media sosial, meliputi Facebook Ads, Instagram Ads, atau Google Ads.

Ingin Bisnis Makin Sukses? Terapkan Langkah Strategi Pemasaran Ini!

© pexels

Metode pemasaran memang dirancang untuk mempromosikan bisnis sehingga dapat mencapai target keuntungan. Terapkan mobile marketing untuk menjangkau konsumen lebih luas dan mendukung terciptanya customer relationship management, pengelolaan hubungan baik dan loyalitas konsumen. Manfaatkan email marketing untuk menjelaskan kelebihan produk yang Anda tawarkan.

Berbekal teknik dan strategi pemasaran yang tepat, langkah Anda untuk mencapai puncak kesuksesan terbuka lebar. Supaya pengelolaan bisnis, pembayaran gaji, slip gaji, hingga absensi makin efektif, gunakan aplikasi Bukugaji. Aplikasi berbasis Android ini membawa Anda selangkah lebih maju. Tunggu apa lagi? Instal Bukugaji sekarang juga!



Related Posts