Merancang Struktur Organisasi Perusahaan Agar Berkembang Dengan Baik

January 17, 2022
Info UMKM
4 menit

Sebuah perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang baik dan jelas agar kegiatan bisnis berjalan lancar. Tempatkan orang yang tepat sesuai kebutuhan.


Untuk menjalankan kegiatan bisnis, perusahaan perlu memiliki struktur organisasi manajemen perusahaan yang baik. Struktur organisasi membuat setiap elemen dalam perusahaan dapat melakukan tugasnya dengan optimal berdasarkan hierarki yang ada. Karena itu, merancang struktur organisasi perusahaan sangat penting sebelum memulai bisnis.

Apa Itu Struktur Organisasi?

Struktur organisasi adalah garis hierarki yang mendeskripsikan komponen yang ada dalam sebuah perusahaan. Dalam garis tersebut, setiap komponen memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Supaya struktur organisasi berdampak positif bagi perusahaan, orang-orang yang ditempatkan di dalamnya harus sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Organisasi merupakan suatu sistem yang di dalamnya terdapat sekelompok orang. Semua bagian bekerja sama mencapai tujuan organisasi sesuai peran masing-masing. Adanya struktur yang baik akan membantu organisasi perusahaan mengatur fungsi dan peran setiap orang.

Pentingnya Struktur Organisasi untuk Kemajuan Bisnis

Struktur organisasi perlu dirancang dengan baik demi kemajuan bisnis. Fungsi atau manfaat menerapkan struktur organisasi antara lain sebagai berikut:

  • Menjelaskan Tanggung Jawab Setiap Orang

Tanggung jawab yang dimiliki oleh setiap orang dalam perusahaan berbeda-beda tergantung pada posisinya. Karena itu, adanya struktur organisasi yang jelas yang memuat informasi tingkatan posisi akan membantu menegaskan tanggung jawab tersebut.

  • Memudahkan Koordinasi

Manfaat struktur organisasi lainnya adalah memudahkan koordinasi antar sesama bagian dalam perusahaan. Koordinasi seharusnya dilakukan berdasarkan hierarki yang benar supaya tidak terjadi tumpang tindih informasi dan pendelegasian tugas yang tidak tepat.

  • Memudahkan Pelaporan Hasil Kerja

Setelah melakukan suatu pekerjaan, hasilnya tentu harus dilaporkan supaya bisa dievaluasi. Dengan adanya struktur organisasi yang jelas, sistem pelaporan pun lebih mudah dan tertata. Setiap orang yang berada di posisi atas bertanggung jawab menerima laporan dari bagian di bawahnya.

Macam-Macam Struktur Organisasi

Struktur organisasi terdiri atas beberapa macam berdasarkan sasaran yang ingin dituju. Berikut penjelasannya.

  • Struktur Organisasi Fungsional

Dalam jenis struktur organisasi ini, setiap bagian yang memiliki fungsi yang sama dikelompokkan dalam satu bagian. Model ini memungkinkan karyawan memiliki tingkat spesialisasi yang tinggi.

  • Struktur Berbasis Produk

Pada jenis ini, divisi dalam organisasi perusahaan dibagi berdasarkan produk yang dimiliki. Di bawah divisi tersebut terdapat pembagian struktur berdasarkan fungsinya masing-masing.

  • Struktur Berbasis Pasar

Struktur berbasis pasar adalah jenis struktur organisasi yang memiliki divisi berbeda sesuai pasar, industri, atau jenis pelanggan produk tersebut. Struktur seperti ini cocok bagi perusahaan yang menawarkan layanan yang unik dan spesifik.

Faktor Pembeda Struktur Organisasi

© pexels.com

Struktur organisasi yang digunakan pada tiap perusahaan berbeda-beda. Ada sejumlah faktor yang memengaruhinya, yaitu:

  • Ukuran Organisasi

Semakin banyak jumlah anggota organisasi tersebut, semakin kompleks pula strukturnya. Sebaliknya, organisasi yang beranggotakan lebih sedikit bisa memiliki struktur organisasi yang lebih sederhana.

  • Tahap Pengembangan Bisnis

Struktur organisasi juga bisa berbeda berdasarkan tahap pengembangan bisnis yang dikelola. Pada tahap awal membangun bisnis, struktur tidak perlu terlalu rumit karena tugas pun belum sebanyak pada perusahaan yang telah berkembang pesat.

  • Jenis Strategi Bisnis

Strategi bisnis yang dipakai dalam mencapai visi misi perusahaan akan memengaruhi struktur perusahaan. Jika ingin menjangkau pasar dengan strategi diferensiasi, misalnya, Anda membutuhkan struktur yang ringkas supaya bisa bergerak gesit.

Saran Merancang Struktur Organisasi

Untuk merancang sebuah struktur organisasi yang tepat dengan kebutuhan perusahaan, ada beberapa saran yang bisa dipertimbangkan, yaitu:

  • Rancang Sesuai Visi Misi

Jika Anda sedang merancang struktur organisasi untuk usaha yang akan dikembangkan, tetaplah berpatokan pada visi dan misi perusahaan. Karena itu, memiliki visi misi adalah langkah awal dalam mendirikan usaha supaya arah bisnis lebih jelas.

  • Rancang Setelah Merumuskan Bisnis

Jangan membuat struktur perusahaan tanpa memiliki rumusan bisnis yang jelas. Anda harus menetapkan sasaran yang dituju agar bisa mengetahui aktivitas bisnis yang seharusnya dilakukan. Berdasarkan kebutuhan tersebut, orang yang tepat ditempatkan pada posisi yang tepat dalam struktur organisasi.

  • Pertimbangkan Faktor Pekerja

Saat akan menempatkan seorang pekerja dalam sebuah posisi di bagan struktur organisasi, pertimbangkan keahlian pekerja tersebut. Usia dan kompetensi yang dimiliki juga menjadi faktor penentu saat memilih orang untuk posisi tertentu. Jika tidak sesuai, kegiatan dalam perusahaan bisa saja mengalami hambatan.

Langkah Membuat Struktur Organisasi yang Ideal

Selanjutnya, untuk membuat struktur organisasi yang ideal, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Menentukan Jenis Struktur

Seperti diketahui, ada beberapa jenis struktur organisasi yang bisa digunakan dalam membangun bisnis. Tentukan jenis struktur yang sesuai dengan sasaran, jenis produk, atau strategi yang akan digunakan.

  • Mengenal Karyawan

Sebelum menempatkan setiap orang dalam posisi tertentu, Anda harus mengenal mereka terlebih dahulu. Kelompokkan orang-orang yang dinilai tepat berada dalam struktur tertentu berdasarkan kriteria seperti kemampuan dan potensi.

  • Membuat Bagan Struktur

Setelah memutuskan penempatan karyawan berdasarkan kemampuannya, buatlah bagan struktur yang jelas. Adanya informasi hierarki yang jelas dalam perusahaan akan memudahkan alur kerja sehingga pekerjaan pun terselesaikan dengan baik.

Contoh Jabatan dalam Struktur Organisasi 

Adapun contoh struktur organisasi perusahaan dan jabatan yang ada di dalamnya antara lain:

  • Direksi

Direksi adalah orang kelompok orang yang berada di posisi paling atas dalam perusahaan. Dalam bagian ini ada direktur utama, wakil direktur utama, dan direktur. Fungsinya adalah untuk menentukan arah perusahaan.

  • Manajer

Di bawah direktur, ada posisi manajer yaitu orang yang berperan membuat keputusan dan pengarahan kepada karyawan. Manajer juga berhubungan langsung dengan direktur.

  • Supervisor

Setelah itu, ada posisi supervisor yang bertugas memimpin anggota tim dalam suatu divisi. Supervisor berperan dalam urusan teknis di lapangan dan melaporkan hasil pekerjaan kepada manajer.

Nah, inilah ulasan mengenai struktur organisasi dalam sebuah perusahaan. Selain merancang struktur yang ideal demi kelancaran bisnis, Anda juga perlu menggunakan alat pendukung, salah satunya menginstal aplikasi Bukugaji. Aplikasi ini akan membantu pemilik usaha mengelola karyawan, khususnya kebutuhan absensi, pembayaran gaji, dan slip gaji.

Related Posts