Mengenal Pengertian Time Management dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

November 25, 2021
Info UMKM
4 menit

Time management adalah salah satu kunci meraih kesuksesan dalam bisnis. Yuk simak, manfaat serta tips penerapannya agar usaha Anda semakin berkembang!

Time management adalah salah satu soft skill penting yang sangat berkontribusi dalam kesuksesan bisnis. Hal tersebut memiliki kaitan erat dengan banyaknya tugas dan tanggung jawab yang perlu diselesaikan secara efektif dan efisien. Tanpa adanya manajemen waktu yang baik, Anda bakal mengalami kesulitan untuk meraih target yang sudah ditetapkan. 

Mengingat pentingnya time management dalam bisnis, Anda perlu membekali diri dengan soft skill tersebut. Terlebih lagi, berdasarkan Hukum Pareto 80/20, 80% pencapaian yang Anda dapatkan berasal dari 20% pekerjaan yang sudah dilakukan. Sehingga perencanaan prioritas untuk menentukan tugas mana yang termasuk 20% ini akan menghasilkan pengelolaan waktu yang sangat berorientasi hasil. 

Lewat penerapan time management yang baik, Anda punya kesempatan untuk lebih memaksimalkan waktu yang dimiliki. Hasilnya, Anda bisa lebih produktif di tempat kerja. 

Pengertian Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

© pixabay.com

Dalam pengertian secara umum, manajemen waktu adalah ilmu yang membantu manusia dalam memanfaatkan waktu secara efektif. Cara manajemen waktu yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengaturan, dan pengawasan waktu. Dengan begitu, Anda dapat meraih target sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. 

Selain pengertian tersebut, ada pula penjelasan tentang apa itu manajemen waktu dari para ahli sebagai berikut: 

Manajemen Waktu Menurut Frank Atkinson

Frank Atkinson lewat bukunya yang berjudul "Successful Time Management" mengungkapkan kalau manajemen waktu merupakan keterampilan yang memiliki kaitan dengan berbagai upaya serta tindakan seseorang secara terencana dengan tujuan untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. 

Manajemen Waktu Menurut Patrick Forsyth

Patrick Forsyth dalam buku yang memiliki judul mirip dengan Frank Atkinson, "Successful Time Management" juga mempunyai pengertian sendiri. Di situ, Forsyth mengungkapkan kalau time management merupakan cara yang dilakukan seseorang untuk membuat waktu bisa terkendali dan menciptakan efektivitas, efisiensi, serta produktivitas. 

Manajemen Waktu Menurut Frederick Winslow Taylor

Frederick Winslow Taylor sering dianggap sebagai bapak manajemen ilmiah. Dalam buku berjudul "The Principles of Scientific Management", Taylor mengatakan kalau manajemen waktu adalah proses untuk mencapai tujuan utama dalam kehidupan yang dilakukan lewat upaya mengenyampingkan kegiatan yang dianggap kurang memiliki manfaat dan memerlukan banyak waktu. 

Manfaat Time Management bagi Perusahaan

Penerapan manajemen waktu dalam bisnis memiliki lima manfaat utama, yaitu: 

Mendorong Produktivitas

Manfaat time management yang pertama adalah mampu meningkatkan produktivitas kerja. Dengan mengetahui apa itu time management dan mempraktikkannya di tempat kerja, Anda bisa meminimalkan aktivitas yang tidak efektif dan membuang-buang waktu. Selain itu, Anda juga dapat mengelola pembagian tugas kepada karyawan dengan lebih baik. 

Meningkatkan Kepuasan Kerja

Manajemen waktu yang baik mendorong kinerja para karyawan secara lebih efisien. Mereka mampu menyelesaikan tugas serta tanggung jawab yang telah diberikan dengan baik. Hal tersebut pun akan memunculkan kepuasan tersendiri bagi para karyawan karena telah berhasil mencapai target dari perusahaan.

Memperbaiki Hubungan antarpersonal

Anda bisa pula memperoleh manfaat time management berupa hubungan antarpersonal yang lebih baik di antara para karyawan. Manfaat ini bisa didapatkan oleh para karyawan karena mereka memiliki risiko stres yang lebih rendah. Hasilnya, para karyawan menjadi lebih nyaman dan Anda bisa menjalankan bisnis dengan lancar. 

Mengurangi Rasa Cemas dan Tegang di Tempat Kerja

Karyawan yang merasa cemas dan tegang di tempat kerja bakal mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Tak menutup kemungkinan banyak pekerjaan yang terbengkalai. 

Lewat penerapan manajemen waktu yang baik, Anda bisa membantu karyawan dalam menetapkan daftar prioritas kerja yang perlu mereka selesaikan lebih dulu. Dengan begitu, setiap pekerjaan bisa mereka selesaikan tepat waktu.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Terakhir, Anda akan memperoleh manfaat time management berupa terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan kondusif. Manfaat ini bisa Anda peroleh karena para karyawan mampu menerapkan pola hidup yang seimbang, antara kepentingan pribadi dan pekerjaan. Keseimbangan tersebut sangat penting untuk menunjang produktivitas kerja para karyawan dan mencegah terjadinya stres.

Ini Akibatnya Kalau Anda Punya Manajemen Waktu yang Buruk

© pxhere.com

Sebaliknya, ketika Anda tidak menyadari pentingnya manajemen waktu, akan ada beberapa dampak negatif yang berpengaruh buruk pada bisnis. Pengaruh buruk tersebut di antaranya adalah: 

Pekerjaan yang Menumpuk

Contoh manajemen waktu yang buruk adalah ketika Anda terbiasa menunda-nunda pekerjaan. Dampaknya, Anda akan memperoleh tumpukan pekerjaan yang banyak. Hasilnya, Anda akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan semua tumpukan pekerjaan itu tepat waktu. 

Hasil Kerja tidak Memuaskan

Anda bisa saja terbiasa melakukan multitasking dan mampu menyelesaikan banyak tugas dalam satu waktu. Kemampuan ini terlihat cukup bagus. Hanya saja, Anda akan mendapati kalau kemampuan multitasking tersebut tidak diiringi dengan kualitas kerja yang bagus. 

Karena adanya tekanan waktu yang tinggal sedikit, Anda mempunyai kecenderungan untuk menyelesaikan tugas secara terburu-buru. Hasilnya bisa ditebak, pekerjaan diselesaikan secara ala kadarnya. 

Tips Manajemen Waktu yang Baik

Untuk membantu Anda dalam menerapkan manajemen waktu yang baik, ada empat tips penting yang dapat Anda terapkan, yaitu: 

Tetapkan Skala Prioritas

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah bijak dalam setiap pengambilan keputusan atau mengambil tindakan tertentu. Tetapkan skala prioritas ketika ingin melakukan sebuah tindakan. Secara umum, ada empat skala prioritas, yaitu: 

  • Mendesak dan penting. Kegiatan yang ada pada kategori ini perlu tindakan secara cepat. Oleh karena itu, Anda perlu segera menuntaskannya. 
  • Penting tetapi tidak mendesak. Aktivitas yang termasuk pada kategori ini perlu untuk diselesaikan. Hanya saja, waktunya tidak mendesak. Solusinya, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cara mencicil. 
  • Mendesak dan tidak penting. Aktivitas dalam kategori ini memang tidak penting. Meski begitu, Anda tidak bisa meninggalkannya dan harus diselesaikan dengan segera. Contoh follow up jadwal rapat, diskusi dengan rekan kerja, dan lain sebagainya. 
  • Tidak mendesak dan tidak penting. Kegiatan pada kelompok ini termasuk hal yang tidak penting dan bahkan sering membuang-buang waktu. Anda perlu menghindarinya dan selesaikan tugas yang lain. 

Tetapkan Tujuan

Tips kedua yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan tujuan. Langkah ini sangat penting untuk menghindari momen ketika Anda kehilangan arah dan melakukan pengambilan keputusan yang salah. Keberadaannya berguna sebagai rambu-rambu yang memastikan kalau Anda berada di jalur yang tepat.

Fokus

Saat mengerjakan sebuah pekerjaan, pastikan pikiran Anda fokus. Jangan terganggu oleh hal yang lain. Hal ini membantu Anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu dengan hasil yang bagus.

DO IT NOW

Tips terakhir, praktikkan DO IT NOW

  • D = Divide. Lakukan pembagian tugas dalam skala lebih kecil.
  • O = Organize. Lakukan pengaturan secara tepat untuk menyelesaikan tugas. 
  • I = Ignore. Abaikan setiap gangguan yang berpotensi mengganggu fokus saat bekerja. 
  • T = Take. Ambil kesempatan yang ada. 
  • N = Now. Lakukan sekarang. 
  • O = Opportunity. Ambil keuntungan dari setiap kesempatan yang ada di depan mata. 
  • W = Watch out. Selalu waspada

Solusi dari Bukugaji untuk Mengatasi Problem Manajemen Waktu dalam Bisnis

© pixabay.com

Berkaitan dengan pentingnya manajemen waktu dalam bisnis, Anda bisa menerapkannya secara lebih mudah dengan berbagai fitur yang ada di Bukugaji. Bukugaji bisa membantu Anda dalam melakukan pengelolaan gaji serta absensi karyawan dengan mudah. Fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap, termasuk di antaranya adalah: 

  • Mencetak slip gaji secara profesional
  • Memonitor absensi karyawan
  • Pengelolaan jadwal kerja karyawan
  • Perhitungan gaji secara lengkap, termasuk pinjaman, kasbon, dan lembur
  • Dukungan CS yang siap membantu kapan saja dan dari mana saja

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera install Aplikasi Bukugaji untuk memperoleh berbagai manfaat manajemen waktu dan meraih kesuksesan dalam bisnis. 

Related Posts