Mengenal Kenaikan Gaji Berkala dan Apa Pentingnya Bagi Perusahaan

November 23, 2021
Seputar HRD UMKM
5 menit

Sekilas Tentang Kenaikan Gaji

© Marco Verch

Tentu semua karyawan menginginkan adanya kesempatan untuk mendapatkan kenaikan gaji secara adil dan kontinu di tempatnya bekerja. Sebagai pemilik usaha tentunya Anda harus memikirkan mengenai kenaikan gaji ini secara berkala setelah karyawan bekerja untuk Anda selama beberapa waktu.

Kenaikan gaji akan diterima karyawan sebagai bentuk penghargaan terhadap kontribusi mereka pada perusahaan. Hal ini akan meningkatkan moral karyawan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan. Nah, supaya tidak salah perhitungan, mari disimak ulasan mengenai prosedur kenaikan gaji berkala berikut ini.

Pentingnya Kenaikan Gaji Berkala Pada Perusahaan

Menurut KBBI, gaji adalah balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu. Gaji atau upah yang diterima pekerja bisa terdiri dari beberapa komponen seperti: gaji pokok, tunjangan, bonus, dan sebagainya.

Sebenarnya tidak ada perundang-undangan yang mengatur secara khusus kenaikan gaji berkala berapa persen setiap tahunnya. Namun, sebagai pemilik usaha, Anda perlu mempertimbangkan aturan maupun syarat kenaikan gaji berkala karena alasan-alasan berikut:

  1. Inflasi dan Peningkatan Kebutuhan

Setiap tahunnya terjadi inflasi dan harga-harga kebutuhan terus meningkat. Jika pemilik usaha tidak menyesuaikan upah yang diterima karyawannya, maka ada kemungkinan karyawan yang memiliki nilai penting bagi perusahaan mempertimbangkan untuk pindah ke kompetitor.

  1. Memotivasi Pekerja

Berdasarkan beberapa penelitian, ada hubungan positif antara gaji yang mengalami peningkatan dan kinerja karyawan. Dengan kebijakan kenaikan gaji secara berkala, karyawan termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaiknya agar bisa menerima keistimewaan kenaikan gaji.

  1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Perusahaan yang memiliki kebijakan untuk evaluasi gaji dan kenaikan secara berkala akan memiliki citra positif di antara para pekerja. Hal ini bisa menarik sumber daya manusia yang potensial berharga bagi perusahaan untuk melamar. Selain itu, citra perusahaan yang baik juga akan menurunkan angka turn-over karyawan.

Faktor Kenaikan Gaji

© ccnull.de

Apa saja yang harus Anda pertimbangkan sebelum menaikkan gaji karyawan? Setiap perusahaan memiliki kriterianya masing-masing sebelum menaikkan gaji karyawannya, tetapi umumnya kriteria-kriteria di bawah digunakan sebagai faktor kenaikan gaji:

  1. Prestasi Kerja

Karyawan yang mencapai prestasi kerja layak untuk diapresiasi perusahaan. Apresiasi ini bisa berupa kenaikan gaji. Karyawan berprestasi adalah aset berharga bagi perusahaan, dan loyalitas mereka adalah sesuatu yang harus perusahaan pertahankan.

  1. Promosi Jabatan

Lazimnya, ketika seorang karyawan mendapatkan promosi jabatan, perusahaan akan memberikan kenaikan gaji dan tambahan-tambahan fasilitas lainnya. Hal ini patut karyawan terima karena dengan kenaikan jabatan, beban dan tanggung jawab yang harus diembannya pun bertambah. 

Tentu tidak adil jika perusahaan hanya menuntut tanggung jawab yang lebih besar tanpa memberikan upah yang sepadan dengan beban kerja karyawan yang baru.

  1. Lama Waktu Bekerja

Setelah mengabdi sekian lama atau setelah menjadi karyawan senior, juga akan membuat seorang karyawan layak mendapatkan kenaikan gaji. Ini sebagai bentuk apresiasi perusahaan atas loyalitas dan pengabdian karyawan tersebut setelah sekian lama.

Cara Menghitung Kenaikan Gaji Berkala

Meskipun kenaikan gaji berkala punya efek yang baik untuk moralitas karyawan dan citra perusahaan, tetapi Anda tidak boleh asal menghitungnya hingga melebihi kapasitas perusahaan.

Sesuai pasal 92A UU Cipta Kerja yang berbunyi:

“Pengusaha melakukan peninjauan upah secara berkala dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas.”

Untuk menghitung kenaikan gaji karyawan, Anda harus terlebih dahulu menentukan persentase kenaikan gaji dengan memperhitungkan kondisi finansial dan prospek perusahaan di masa depan. Setelah mendapatkan angka pengalinya, Anda bisa memakai rumus:

Kenaikan Gaji = Upah sekarang x Persentase Kenaikan Gaji

Upah Baru = Gaji yang Lama + Kenaikan Gaji

Contoh Cara Menghitung Kenaikan Gaji Berkala Dan Kelola Gaji Lebih Mudah Dengan Bukugaji

Supaya Anda tidak bingung, berikut contoh kenaikan gaji berkala.

Contoh: Perusahaan Anda memutuskan menaikkan gaji karyawan sebesar 6%. Berapa gaji baru yang akan diterima masing-masing karyawan berikut yang sekarang memiliki gaji berbeda, Radit Rp7,000,000, Abdul Rp8,000,000, dan Lisa Rp9,000,000?


Kenaikan Gaji Radit= Rp7,000,000 x 6% = Rp420,000

Upah baru Radit= Rp7,000,000 + Rp420,000 = Rp7,420,000


Kenaikan Gaji Abdul= Rp8,000,000 x 6% = Rp480,000

Upah baru Abdul= Rp8.000.000 + Rp480,000 = Rp8,480,000


Kenaikan Gaji Lisa= Rp9,000,000 x 6% = Rp540,000

Upah baru Lisa= Rp9.000.000 + Rp540,000 = Rp9,540,000


Dari contoh cara menghitung kenaikan gaji berkala di atas, bisa kita lihat bahwa meskipun ketiga karyawan sama-sama menerima kenaikan gaji, namun besarannya berbeda. Satu hal yang tidak boleh dilupakan, saat gaji karyawan berubah, maka komponen yang terdapat dalam slip gaji pun akan ikut berubah.

Komponen perhitungan pajak, asuransi kesehatan, BPJS, tunjangan hari raya, bahkan upah lembur pun akan berubah karena biaya lembur dihitung dari upah per jam karyawan. Meskipun perhitungan ini bisa dilakukan melalui spreadsheet biasa, tetapi penggunaan aplikasi payroll akan lebih memudahkan proses ini.

Salah satu aplikasi payroll yang bisa Anda coba adalah Bukugaji. Aplikasi berbasis android ini gratis dan mempunyai banyak fitur yang akan memudahkan pengelolaan sumber daya manusia perusahaan termasuk soal gaji. 

Bukugaji juga memiliki fitur absensi karyawan yang datanya bisa digunakan sebagai bahan penilaian produktivitas karyawan. Fitur absensi yang dimiliki Bukugaji bahkan bisa mengatur presensi karyawan dengan jam kerja shift

Aplikasi Android ini juga bisa mencetak slip gaji, sehingga Anda tidak perlu lagi membuatnya secara manual. Untuk UMKM dan orang yang masih merintis usahanya, aplikasi ini akan memudahkan pengelolaan karyawan. 

Yuk coba install Aplikasi Bukugaji sekarang! Dan temukan berbagai kemudahan serta beragam manfaatnya.

Related Posts