Langkah-Langkah Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

November 25, 2021
Info UMKM
4 menit

Penerapan perencanaan sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan memberi banyak manfaat. Ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menerapkannya.

Perencanaan sumber daya manusia adalah tahapan penting yang harus diperhatikan untuk tercapainya tujuan perusahaan. Kebijakan ini berkaitan erat dalam pengelolaan aset terbesar milik perusahaan, para karyawan dan manajer di semua level. Terlebih lagi, proses perencanaan SDM dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan daya saing perusahaan sehingga tidak kalah oleh kompetitor. 

Divisi human resource development (HRD) memiliki tanggung jawab besar terkait penerapan tahapan perencanaan SDM. Sebagai seorang pengusaha, Anda perlu memahami kalau tugas HRD tidak cuma berkaitan dengan proses perekrutan. Ada banyak tahapan lain yang menjadi bagian dari langkah-langkah perencanaan SDM. Untuk informasi lebih lengkap, simak artikel ini sampai tuntas, ya. 

Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia

© pixabay.com

Sebelum menerapkan perencanaan sumber daya manusia di dalam perusahaan, Anda perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Perencanaan SDM adalah sebuah proses yang berlangsung secara sistematis sebagai upaya untuk mengoptimalkan SDM yang merupakan aset penting perusahaan. Lewat penerapan tahapan perencanaan SDM yang tepat, akan tercipta harmonisasi antara karyawan dan pekerjaan. 

Manfaat Perencanaan Sumber Daya manusia

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika melakukan penerapan proses perencanaan sumber daya manusia secara serius. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

Mencapai Visi dan Misi Perusahaan

Manfaat perencanaan SDM yang pertama adalah sebagai upaya memenuhi visi dan misi perusahaan. Pencapaian terkait visi dan misi bisa didapatkan perusahaan lewat pencarian talenta yang tepat serta memiliki dedikasi tinggi oleh pihak HRD. 

Bagi perusahaan, keberadaan karyawan yang berkualitas saja tidak cukup. Perusahaan juga memerlukan kehadiran sumber daya manusia yang berdedikasi tinggi. Dengan begitu, terdapat keselarasan antara visi dan misi perusahaan dengan para karyawan. 

Meningkatkan Produktivitas

Anda bisa memperoleh manfaat perencanaan sumber daya manusia berupa peningkatan produktivitas perusahaan. Perencanaan sumber daya membantu perusahaan dalam memperoleh talenta terbaik sesuai dengan tingkat kebutuhan, apalagi kalau para karyawan itu mempunyai dedikasi tinggi kepada perusahaan. 

Produktivitas tinggi para karyawan menjadi poin penting dalam aktivitas bisnis perusahaan. Tingginya produktivitas dapat mendorong peningkatan pemasukan perusahaan. Di waktu yang sama, para klien yang menggunakan produk atau jasa perusahaan akan memperoleh kepuasan dari layanan perusahaan.

Menempatkan SDM Sesuai Tingkat Kebutuhan

Manfaat perencanaan SDM selanjutnya adalah membantu perusahaan dalam menempatkan karyawan sesuai kebutuhan dan kemampuannya masing-masing. Dan karena setiap SDM yang dimiliki perusahaan punya keahlian berbeda-beda, perencanaan yang baik dapat membantu perusahaan menempatkan para karyawan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. 

Pemahaman terhadap pengertian perencanaan SDM akan memudahkan tahapan pemetaan tingkat kebutuhan SDM dalam perusahaan. Pemetaan ini membuat perusahaan bisa mengetahui divisi yang perlu penambahan karyawan. Dengan begitu, perusahaan tidak akan mengalami kekurangan tenaga kerja dalam menjalankan aktivitasnya.

Tantangan dalam Perencanaan SDM

© pixahive.com

Hanya saja, tidak selalu mudah bagi Anda memperoleh manfaat perencanaan SDM. Terlebih lagi, ada berbagai faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM dan akan menjadi tantangan dalam menerapkannya. Beberapa faktor yang menjadi tantangan tersebut di antaranya adalah: 

Memperoleh Karyawan Terampil dan Berdedikasi Tinggi

Mendapatkan karyawan yang bertalenta serta berdedikasi tinggi itu sangat sulit, apalagi tingkat pendidikan angkatan kerja di Indonesia masih sangat rendah. Data BPS 2019 menyebutkan, hampir 39,53% angkatan kerja dengan usia lebih dari 15 tahun adalah mereka yang berlatar belakang pendidikan lulusan SD. Sementara itu, jumlah lulusan diploma dan universitas masing-masing hanya 2,88% dan 9,88%. 

Problem mendapatkan karyawan terampil tidak hanya berkaitan dengan kondisi masyarakat. Anda juga perlu berhadapan dengan banyaknya perusahaan yang memerlukan kebutuhan SDM serupa. Dalam situasi tersebut, angkatan kerja yang punya keterampilan memiliki kecenderungan untuk memilih tempat kerja yang menawarkan benefit lebih banyak. 

Konsentrasi Berlebihan pada Problem Jangka Pendek

Problem selanjutnya yang menjadi tantangan berat adalah kecenderungan manajer untuk mencurahkan pikirannya pada hal-hal yang bersifat jangka pendek. Anda bakal mengalami kesulitan untuk menerapkan proses perencanaan SDM dengan baik kalau tidak diimbangi dengan adanya sosok manajer yang visioner. Kehadiran orang-orang visioner dapat membantu perusahaan melihat permasalahan secara lebih luas.

Keunikan Karakter SDM

Setiap perusahaan memiliki karakter unik yang beda dengan organisasi lain. Oleh karena itu, Anda perlu menyusun strategi perencanaan sumber daya yang berbeda. Jadi, Anda tidak bisa menjiplak strategi perusahaan lain. 

Langkah-Langkah Perencanaan SDM

© pixahive.com

Sampai di sini, Anda sudah semakin memahami pentingnya perencanaan sumber daya bagi perusahaan. Lalu, bagaimana cara menerapkannya? Anda bisa menjumpai banyak contoh perencanaan sumber daya manusia dari berbagai perusahaan. Namun, ada lima tahapan yang secara umum bakal perlu Anda terapkan, yaitu: 

Pemetaan SDM

Tujuan perencanaan sumber daya manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan perusahaan di masa mendatang. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemetaan SDM yang dimiliki perusahaan. Pemetaan tersebut berguna untuk mengetahui tingkat kemampuan perusahaan. 

Saat melakukan pemetaan, ada berbagai pertanyaan yang perlu Anda jawab, di antaranya: Apakah kebutuhan SDM untuk saat ini sudah terpenuhi? Apakah perusahaan perlu meningkatkan kualitas SDM? Apakah perusahaan perlu melakukan penambahan karyawan?

Melakukan Prediksi Supply and Demand

Setelah melakukan pemetaan, proses perencanaan SDM selanjutnya adalah melakukan estimasi supply and demand. Estimasi tersebut dapat Anda gunakan untuk mencocokkannya dengan perkiraan kebutuhan SDM di masa mendatang. Cara ini berguna untuk mengetahui kebutuhan bisnis secara objektif dalam jangka panjang. 

Perekrutan

Berdasarkan evaluasi supply and demand, perusahaan dapat menyusun strategi perekrutan. Tahapan perencanaan SDM ini bertujuan untuk memberi solusi ketika perusahaan mengalami kekurangan tenaga kerja. Strategi tersebut bisa bervariasi, seperti melakukan perekrutan karyawan baru, menggunakan jasa outsourcing, pelatihan, relokasi, dan lain sebagainya. 

Pengembangan SDM

Tahapan perekrutan bukan langkah akhir dalam proses perencanaan SDM. Perusahaan perlu mendorong pengembangan skill dan keahlian para karyawan. Kebijakan ini sangat penting sebagai upaya mengantisipasi perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. 

Monitoring dan Evaluasi

Terakhir, Anda perlu melakukan pengawasan dan evaluasi secara rutin. Pengawasan berguna untuk memastikan kalau setiap karyawan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Selanjutnya, evaluasi menjadi sarana dalam menilai kinerja sumber daya secara keseluruhan. 

Ada banyak upaya yang perlu Anda lakukan sebagai sarana melakukan evaluasi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan dari Bukugaji. Bukugaji menyediakan solusi yang membantu Anda dalam manajemen SDM. 

Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah pengelolaan absensi dan jadwal kerja, perhitungan gaji yang akurat dengan mempertimbangkan berbagai pengurangan dan tunjangan, cetak slip gaji profesional dan modern, dan lain sebagainya. 

Lewat Bukugaji, Anda akan merasakan kemudahan dalam pengelolaan SDM. Anda pun bisa memanfaatkan berbagai data dari Bukugaji sebagai sarana untuk menerapkan perencanaan SDM yang lebih baik dalam perusahaan. 

Menariknya lagi, Bukugaji bisa Anda unduh secara gratis, lho! Yuk, segera download dan install Bukugaji.

Related Posts