Data yang Perlu Ada Pada Slip Gaji Karyawan Agar Lengkap & Transparan

November 23, 2021
Seputar HRD UMKM
4 menit

Semua karyawan yang bekerja baik di perusahaan besar maupun UMKM tentu mendapatkan gaji sebagai imbal balik atas pekerjaan mereka. Besaran gaji yang diberikan oleh pemilik bisnis kepada pekerjanya biasanya tertulis secara lengkap dan detail dalam slip gaji. Adanya slip gaji menunjukkan bahwa perusahaan secara terbuka merinci besaran penghasilan masing-masing pekerja.

Cara membuat slip gaji yang baik dan benar memang belum sepenuhnya dilakukan oleh pemilik usaha di Indonesia, termasuk para pelaku UMKM. Untuk memperdalam pengetahuan Anda sebagai pemilik usaha, simak ulasan tentang slip gaji berikut ini dan cara membuatnya secara online.

Format Contoh Slip Gaji yang Baik dan Benar

Pembuatan slip gaji pekerja harus dilakukan dengan penuh ketelitian karena berisi data terperinci yang menjelaskan besaran penghasilan karyawan. Ada beberapa komponen yang sebaiknya ada dalam slip gaji yang Anda buat antara lain:

Identitas Usaha

Komponen paling penting dalam pembuatan slip gaji adalah informasi terkait usaha yang memberikan gaji tersebut. Perusahaan besar maupun usaha skala kecil sebaiknya menuliskan nama usaha lengkap dengan alamat dan kontak yang jelas. 

Di bagian bawah nama dan alamat perusahaan biasanya terdapat tulisan “Private and Confidential”. Kalimat ini menunjukkan bahwa slip gaji bersifat rahasia dan informasi di dalamnya hanya boleh dibagikan kepada orang-orang yang berhak. Kalimat ini disebut juga dengan pernyataan kerahasiaan dokumen.

Data Lengkap Karyawan

Komponen berikutnya yang wajib ada dalam slip gaji adalah informasi seputar karyawan yang menerima slip gaji tersebut. Data tersebut termasuk nama, nomor pegawai (jika ada), NPWP, hingga jabatan atau posisinya dalam usaha.

Rincian Penghasilan

Ini merupakan komponen paling penting dan merupakan inti dari slip gaji itu sendiri. Pemilik usaha wajib menguraikan dengan lengkap semua penghasilan dan potongan yang diterima oleh karyawan.

Dalam rincian pembayaran, terdapat besaran nilai untuk gaji pokok, tunjangan, potongan, upah lembur komisi, dan lain sebagainya. Rincian ini bisa berbeda-beda, tergantung ketentuan masing-masing usaha.

Jika ada potongan baik itu pajak, cicilan, atau potongan lainnya, nilainya juga harus masuk ke dalam slip. Pada bagian paling akhir, tertera nilai total gaji yang akan diterima oleh karyawan.

Cara Membuat Slip Gaji Online

©freepik.com

Jika dulu banyak pemilik usaha memilih membuat slip gaji pekerjanya dengan cara manual (lewat Microsoft Words atau Excel), saat ini Anda bisa memilih cara yang lebih mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi online. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Bukugaji merupakan aplikasi pengelola karyawan nomor satu di Indonesia yang diluncurkan oleh PT Vara Indonesia Hold (anak perusahaan holding Vara Technologies Pte. Ltd). Aplikasi berbasis Android ini tidak hanya mudah digunakan tetapi juga gratis. Sampai saat ini, sudah ada ratusan ribu pelaku UMKM yang memanfaatkan Bukugaji untuk mengelola absensi hingga penggajian karyawan. 

Karena sistemnya terintegrasi antara absensi dan penghitungan gaji, pembuatan slip gaji menjadi lebih mudah dengan menggunakan Bukugaji. Lantas, bagaimana cara membuat slip gaji online dengan menggunakan Bukugaji? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

Install Aplikasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka Google Playstore dan mencari aplikasi Bukugaji. Selanjutnya, lakukan instalasi.

Daftarkan Usaha Anda dan Masukkan Data Karyawan

Pada halaman profil, lengkapi data yang diminta termasuk nama usaha, nama pemilik, dan data lainnya. Selanjutnya, tambahkan karyawan dengan memasukkan nama dan nomor ponselnya. Anda bisa memilih tipe cara pembayaran mulai dari bulanan, harian, pembayaran per pekerjaan, mingguan, atau per jam.

Masukkan Data Karyawan untuk Pengelolaan Gaji

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah gaji berdasarkan cara pembayaran dan waktu pembayaran gajinya. Pada masing-masing halaman profil karyawan, Anda bisa melihat absensi kehadiran, hadir setengah hari, atau tidak hadir sama sekali.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan data denda keterlambatan, upah lembur, dan libur berbayar (cuti). Anda bisa mengubah data ini kapan saja sesuai kebutuhan.

Cetak Slip Gaji

Untuk mencetak slip gaji, buka halaman profil karyawan yang bersangkutan kemudian klik “Cetak Slip Gaji”. Selanjutnya, pilih periode pembayaran dan tekan “Tampilkan Slip Gaji”. Pada halaman ponsel, Anda akan melihat slip gaji. Setelah memastikan semua data yang dimasukkan benar, klik tanda panah pada sebelah kanan atas layar untuk menampilkannya dalam bentuk PDF.

File slip gaji dalam bentuk PDF itu bisa langsung Anda cetak atau dikirimkan langsung kepada karyawan dengan menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp.

Selain untuk membuat slip gaji online, aplikasi Bukugaji juga dapat Anda gunakan untuk mencatat pembayaran yang sudah diberikan kepada karyawan. Jadi, jika ada pinjaman atau kasbon yang dimiliki oleh karyawan, Anda bisa mencatatnya langsung dalam aplikasi. Ini akan makin memudahkan Anda ketika melakukan pemotongan.

Apakah Semua Perusahaan Wajib Memberikan Slip Gaji?

Sebagai pemilik usaha, Anda perlu mengetahui bahwa slip gaji wajib diberikan kepada karyawan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah terkait Pengupahan No. 78 Tahun 2015. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pengusaha atau pemilik bisnis wajib memberikan slip gaji sebagai bukti upah kepada karyawan. Di dalamnya, terdapat rincian upah yang diterima pada hari upah dibayarkan.

Jika bagi pemilik usaha slip gaji adalah bentuk pemenuhan kewajiban, bagi karyawan slip gaji juga tidak kalah penting. Adanya slip gaji akan membantu karyawan mengetahui skema pembayaran sehingga semuanya lebih jelas dan transparan. Selain itu, slip gaji dibutuhkan untuk pengajuan kredit termasuk KPR dan kredit kendaraan.

Ingin membuat slip gaji sederhana yang cepat, praktis, dan profesional? Bukugaji adalah jawabannya. Unduh aplikasinya sekarang juga di sini dan rasakan berbagai kemudahannya untuk usaha Anda.



Related Posts