Daftar UMKM Online Via OSS.GO.ID, Mudahnya Urus Izin Usaha NIB

October 13, 2021
Pengembangan Bisnis UMKM
6 Menit

Bagi pelaku UMKM, usaha bukan hanya tentang mendapatkan keuntungan saja. Mengurus legalitas usaha juga perlu dilakukan karena bisa memberikan banyak manfaat. Apalagi saat ini daftar UMKM online semakin mudah dilakukan, termasuk bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran NIB.

Berdasarkan Pasal 1 angka 12 PP 24/2018, NIB merupakan singkatan dari Nomor Induk Berusaha. NIB berguna sebagai identitas para pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Tidak hanya itu, NIB berguna sebagai TDP atau Tanda Daftar Perusahaan dan API (Angka Pengenal Impor). Ini akan memudahkan jika para pemilik usaha ingin memperluas aktivitas bisnisnya dalam bentuk kegiatan ekspor impor.

Manfaat Memiliki Nomor Induk Berusaha bagi Para Pelaku UMKM

Meski UMKM merupakan sektor yang besar, masih banyak pelakunya yang belum mendaftarkan diri untuk memperoleh legalitas. Padahal dengan memiliki NIB dan IUMK (Izin Usaha Kecil Mikro), usaha yang dijalankan berarti terdaftar resmi di Kementerian Koperasi dan UKM. Apa saja manfaat memiliki NIB dan IUMK bagi pelaku UMKM?

Memperoleh Perlindungan dalam Melakukan Kegiatan Usaha

Usaha yang memiliki legalitas akan mendapatkan perlindungan sehingga pelaku usaha dapat melakukan kerja sama dengan berbagai pihak tanpa rasa khawatir. Ini karena ada payung hukum yang jelas.

Berhak Atas Pendampingan Pengembangan Usaha

Pengusaha UMKM yang memiliki IUMK berhak atas program pendampingan dari pemerintah maupun instansi terkait. Hal tersebut akan menjadi kesempatan yang baik untuk mengembangkan usaha.

Lebih Mudah Mendapatkan Akses Pembiayaan

Seperti yang kita ketahui, modal merupakan faktor yang akan sangat membantu  perkembangan sebuah usaha. Sayangnya saat ini banyak pengusaha kecil yang tidak memiliki akses keuangan, termasuk untuk pinjaman modal. Adanya surat-surat yang menunjukkan legalitas akan memudahkan pelaku UMKM untuk mengajukan pinjaman ke lembaga terkait.

Memperoleh Kemudahan dalam Kegiatan Pemberdayaan yang Diselenggarakan oleh Pemerintah

Pemerintah pusat maupun daerah kerap melakukan berbagai  upaya pemberdayaan agar para pelaku UMKM bisa semakin berkembang. Namun, tidak semua pelaku UMKM yang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Hanya pengusaha yang memang sudah terdaftar resmi yang akan diprioritaskan. Karena itu, pastikan Anda mengurus NIB dan IUMK secepatnya untuk kemudahan segala urusan usaha Anda.

Cara Mendaftarkan Usaha untuk Memperoleh Legalitas

Situs website daftar NIB online
photo created by rawpixel.com

Baik NIB maupun IUMK bisa diurus secara online tanpa harus datang langsung ke Kantor Dinas Koperasi dan UKM terdekat. Anda cukup mengakses situs https://oss.go.id. Adapun langkah-langkah mendaftarkan NIB dan IUMK untuk usaha adalah:

  • Siapkan dokumen dan data yang dibutuhkan termasuk identitas, NPWP, alamat email dan nomor ponsel yang masih aktif
  • Kunjungi https://oss.go.id kemudian pilih pada menu “Ajukan Perizinan Usaha Mikro dan Kecil”
  • Selanjutnya Anda akan diminta memilih jenis pelaku usaha. Terdapat 2 pilihan yang disediakan yakni badan usaha atau perseorangan. Pilih sesuai status usaha yang Anda jalankan
  • Isikan data yang diminta termasuk NIK, nama, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email dan lain sebagainya. Isi selengkap-lengkapnya dengan data yang benar kemudian ketik kode captcha. Klik pada tombol “Daftar”
  • Selanjutnya Anda akan menerima email balasan yang masuk ke alamat email yang digunakan untuk mendaftar. Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dan aktivasi akun
  • Pada bagian bawah email, ada tombol aktivasi yang akan Anda temukan. Klik di sana. OSS akan kembali mengirimkan email berisi username dan password untuk memberi Anda hak akses ke sistem OSS kapan pun Anda memerlukannya.

Setelah akun selesai, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengurus NIB secara online. Adapun caranya yakni:

  • Kunjungi laman https://oss.go.id kemudian pilih masuk
  • Ketikkan username dan password yang sudah Anda terima sebelumnya sekaligus captcha yang muncul. Klik “Masuk”
  • Pada menu Perizinan Berusaha pilih “Permohonan Baru”
  • Lengkapi semua data yang diminta termasuk data pelaku usaha, bidang usaha, detail bidang usaha hingga daftar produk dan jasa yang dijual
  • Cek lagi semua data yang sudah dimasukkan kemudian lengkapi dengan dokumen persetujuan lingkungan (hanya berlaku untuk bidang usaha tertentu)
  • Pahami dengan baik isi dari permohonannya kemudian centang pernyataan mandiri
  • Cek ulang draf perizinan berusaha Anda. Setelah selesai, NIB akan diterbitkan.

Setelah NIB terbit secara otomatis IUMK juga akan diterbitkan. Anda tinggal mencetak NIB dengan mengklik “Cetak NIB” atau “Cetak Izin Usaha”.

Lalu, apa sebenarnya yang membedakan NIB dengan IUMK? Jika dilihat dari definisinya, NIB itu merupakan KTP atau tanda pengenal bagi usaha. Sementara IUMK itu diibaratkan sebagai SIM bagi usaha yang Anda jalankan. Kedua-duanya penting untuk dimiliki sebagai bukti bahwa usaha Anda sudah resmi terdaftar dan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adakah Sanksi untuk Pengusaha yang Tidak Memiliki NIB?

Jika Anda sebelumnya sudah memiliki surat izin usaha yang masih berlaku dan tidak berencana mengembangkan bisnis, Anda tidak perlu mendaftar ulang melalui OSS.GO.ID. Lalu, bagaimana dengan pengusaha yang belum punya izin usaha tapi tidak mau mendaftarkan diri dan memperoleh NIB?

Pada dasarnya tidak ada konsekuensi hukum yang dikenakan pada pengusaha yang tidak punya NIB. Hanya saja, pengusaha tersebut tidak akan merasakan sejumlah kemudahan seperti yang dirasakan oleh pelaku usaha dengan NIB.

Jadi, seandainya suatu saat bisnis Anda melakukan kegiatan ekspor dan impor, Anda harus mengurus NIB terlebih dahulu sebelum melanjutkan prosesnya. Tidak hanya itu, beberapa bank di Indonesia meminta NIB sebagai salah satu syarat bagi perusahaan yang ingin mengajukan pinjaman .

Meskipun bukan suatu kewajiban, tapi tidak ada salahnya melakukan pendaftaran NIB sekarang agar kegiatan operasional Anda semakin mudah. Jika semua hal yang berhubungan dengan bisnis berjalan dengan efisien, keuntungan pun akan semakin meningkat.


Related Posts