Contoh Slip Gaji Karyawan yang Sederhana dan Mudah Cara Membuatnya

October 14, 2021
Seputar HRD UMKM
4 menit

Bagi pemilik usaha, membuat slip gaji karyawan itu perlu. Simak selengkapnya pengertian dan contoh slip gaji yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah berikut ini!


Walaupun teknologi sudah semakin canggih, saat ini masih banyak pelaku usaha yang membuat slip gaji secara manual. Contoh slip gaji sendiri bisa dengan mudah Anda temukan dalam berbagai format mulai dari Docx hingga Excel. Anda bisa membuatnya sendiri atau mengunduh template yang tersedia di internet.

Selain dengan cara manual, saat ini Anda bisa membuat slip gaji dengan lebih mudah dan praktis dengan memanfaatkan aplikasi payroll digital. Apa pun pilihan Anda, penting untuk memahami apa itu slip gaji, informasi apa saja yang sebaiknya dimasukkan ke dalam slip gaji serta bagaimana cara membuat slip gaji dengan mudah. Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Pengertian Slip Gaji dan Manfaatnya

Slip gaji merupakan lembaran dokumen yang berisi informasi resmi terkait penghasilan yang diperoleh oleh seorang karyawan dari tempatnya bekerja. Aturan mengenai slip gaji terdapat dalam Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 terkait Pengupahan. 

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa setiap pemilik usaha wajib memberikan bukti pembayaran gaji berupa slip. Di dalamnya slip mengandung rincian lengkap terkait jumlah uang yang diterima saat waktu pembayaran upah. 

Di dalam slip gaji biasanya terdapat beberapa informasi penting yakni:

  • Identitas badan usaha yang mengeluarkan slip gaji. Anda bisa menuliskan nama bisnis, alamat dan kontak. Biasanya formatnya mirip dengan yang tertera pada kop surat
  • Periode pembayaran. Setiap usaha memiliki periode pembayaran gaji yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan sistem bulanan, mingguan bahkan harian. Jangan lupa tuliskan periode pembayaran gaji pada lembaran slip untuk memudahkan tracking
  • Identitas karyawan. Nama karyawan, jabatan dan statusnya (apakah karyawan tetap, training atau kontrak) juga sebaiknya ditulis pada lembaran slip
  • Rincian penghasilan mulai dari gaji pokok, tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap, potongan dan lain sebagainya
  • Penghasilan bersih. Penghasilan bersih adalah nilai uang gaji yang diterima setelah dipotong pajak atau asuransi.
  • Pengesahan dari yang berwenang atau pemilik usaha.

Selain berbagai informasi di atas, beberapa pemilik usaha juga menambahkan pernyataan berupa peringatan bagi karyawan untuk tidak menyebarkan isi slip gaji tersebut pada orang lain. Informasi tambahan ini bersifat opsional, tergantung kebutuhan masing-masing pengusaha.

Mengeluarkan slip gaji adalah kewajiban bagi pemilik usaha. Slip gaji sendiri memiliki sejumlah manfaat yang harus diketahui oleh karyawan antara lain:

  • Mengetahui dengan jelas rincian penghasilan yang diperoleh dalam setiap periode penggajian
  • Memudahkan jika karyawan ingin mengambil kredit. Lembaga keuangan baik bank maupun non-bank biasanya akan meminta slip gaji sebagai salah satu syarat untuk mengajukan kredit baik kredit kendaraan bermotor maupun rumah. Adanya slip gaji menunjukkan bahwa orang yang mengajukan kredit memiliki penghasilan tetap yang akan digunakan untuk membayar cicilan
  • Memudahkan karyawan jika ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Sama seperti kredit kendaraan atau rumah, pengajuan KTA juga membutuhkan slip gaji sebagai dokumen pelengkap
  • Kelengkapan untuk melamar pekerjaan Jika karyawan ingin resign dan melamar pekerjaan di tempat baru, slip gaji bisa digunakan untuk bukti saat negosiasi gaji dengan perusahaan baru tersebut. Perusahaan baru menggunakan slip gaji untuk memperkirakan besaran upah yang akan mereka tawarkan pada karyawan tersebut.

Contoh Slip Gaji dan Cara Membuatnya

photo created by rawpixel.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, slip gaji bisa dibuat dengan cara manual maupun dengan menggunakan aplikasi. Pembuatan slip gaji dengan cara manual juga wajib memperhatikan komponen-komponen slip gaji seperti yang tertulis di pembahasan sebelumnya. 

Untuk memudahkan Anda membuat slip gaji secara manual dengan menggunakan Microsoft Word. Simak contohnya berikut ini!

TOKO HARAPAN MAJU

Jalan Teratai No. 3 Jakarta

Slip Gaji Karyawan Periode 1 Oktober – 31 Oktober 2021


Nama : Budi Haryono

Jabatan : Admin

Status : Karyawan Tetap


PENGHASILAN

Gaji Pokok : Rp1.500.000

Tunjangan Konsumsi : Rp300.000

Tunjangan Harian : 0

Transportasi : 0

Bonus Target : Rp350.000


POTONGAN

Asuransi : Rp150.000

Lain-lain : -


TOTAL

(Rp2.150.000 – Rp150.000)

Penerimaan Bersih : Rp2.000.000

Terbilang : Dua juta rupiah


Jakarta, 31 Oktober 2021

Pemilik Usaha


 Bayu Wicaksono


Membuat Slip Gaji, Jadi Lebih Mudah dengan Bukugaji

Bagi para pemilik usaha terutama yang termasuk dalam kelompok UMKM, memberikan slip gaji juga sebaiknya tetap dilakukan. Meski pembuatan slip gaji bisa dilakukan dengan cara manual dengan format yang tersedia, namun saat ini ada cara yang lebih mudah untuk membuat slip gaji yakni lewat aplikasi Bukugaji.

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi pembuatan slip gaji dari Bukugaji:

  • Laporan gaji bisa terdata dengan detail berdasarkan seluruh komponen gaji yang disyaratkan
  • Lebih mudah dalam menghitung besaran gaji bulanan mulai dari penghasilan, lembur sampai potongan asuransi. Anda tidak perlu repot menjumlahkannya sendiri karena semua akan dihitung secara otomatis
  • Memudahkan pembuatan formulir pajak. Saat data tentang gaji karyawan masuk, sistem secara otomatis akan membuatkan formulir pajak untuk kebutuhan laporan pada pihak yang berkepentingan
  • Mengurangi beban kerja. Sebagai pemilik usaha, Anda tentu tidak bisa melakukan penghitungan gaji sendiri. Melakukannya secara manual membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama. Adanya aplikasi Bukugaji yang sangat mudah dioperasikan membuat Anda bisa melakukannya sendiri. Selain proses pengerjaannya yang mudah, tingkat akurasi data yang tinggi, slip gaji juga akan langsung secara otomatis terdistribusi ke masing-masing karyawan. Anda juga  tidak perlu menggunakan tenaga SDM tambahan sehingga akan mengurangi pengeluaran bulanan.

Bukugaji juga memungkinkan Anda melihat dan mengirimkan slip gaji kepada semua karyawan dengan menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp. Hanya Bukugaji, aplikasi absensi dan payroll yang didesain khusus untuk pelaku UMKM. 

Demikianlah informasi seputar slip gaji dan cara membuatnya. Jika tak ingin repot melakukannya secara manual, Anda bisa gunakan aplikasi Bukugaji. Unduh Bukugaji sekarang juga di sini untuk proses pembuatan slip gaji yang profesional dan mudah.


Related Posts