Cara Membuat Slip Gaji Karyawan di Word dan Excel Mudah Bisa Via HP

January 17, 2022
Info UMKM
4 menit

Ingin tahu cara membuat slip gaji di Excel dan Word dengan mudah? Ini tutorial lengkapnya Bikin slip gaji detail, lengkap dengan berbagai komponennya.

Sebagai seorang pelaku usaha dan mempunyai karyawan, kewajiban yang tak boleh Anda lupakan adalah membayar gaji bulanan. Saat melakukan pembayaran, Anda juga perlu memberikan slip gaji yang berisi detail upah para karyawan. Alih-alih membuatnya secara manual satu per satu, ada solusi praktis cara membuat slip gaji otomatis di Excel yang bisa Anda praktikkan. 

Apa Itu Slip Gaji?

© en.wikipedia.org

Dalam pengertian secara umum, slip gaji merupakan dokumen yang berisi tentang informasi gaji karyawan secara detail. Di situ, Anda perlu mencantumkan berbagai komponen yang menjadi hak serta kewajiban karyawan. Sebagai contoh, gaji pokok, tunjangan transportasi, uang makan, potongan iuran BPJS, dan lain sebagainya. 

Keberadaan slip gaji memiliki fungsi yang sangat penting bagi karyawan. Mereka dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, di antaranya adalah ketika mengajukan pinjaman ke bank, KPR, dan lain sebagainya. 

Manfaat Slip Gaji

Slip gaji memiliki banyak manfaat penting bagi seorang karyawan. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

1. Mengetahui Rincian Gaji

Solusi dengan cara membuat slip gaji di Excel memberi manfaat bagi karyawan dalam mengetahui gaji yang mereka terima secara rinci. Mereka jadi tahu nominal gaji pokok, uang makan, tunjangan transportasi, tunjangan transportasi, potongan pajak, iuran BPJS, dan lain sebagainya. 

2. Sarana Pengajuan Kredit

Karyawan dapat pula memanfaatkan slip gaji ketika ingin mengajukan permohonan kredit kepada bank. Pihak bank menggunakan slip gaji sebagai referensi atau bukti penghasilan dari karyawan. 

3. Sarana Negosiasi Gaji

Manfaat terakhir, karyawan bisa pula menggunakan informasi slip gaji sebagai sarana untuk melakukan negosiasi bayaran ketika bekerja di tempat baru. Terlebih lagi, mereka memperoleh tawaran bekerja di posisi yang lebih tinggi. Tak menutup kemungkinan, ada perusahaan yang meminta karyawan baru untuk menyerahkan slip gaji di tempat kerja sebelumnya. 

Cara Membuat Slip Gaji Menggunakan Excel

© Erik Eckel

Dengan berbagai manfaat serta kegunaan tersebut, pembuatan slip gaji harus Anda lakukan dengan baik sehingga terlihat profesional. Dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, Anda bisa mencoba dengan cara membuat slip gaji sendiri. Sebagai contoh, berikut ini adalah hal yang perlu Anda ikuti dalam langkah-langkah cara membuat slip gaji sederhana di Microsoft Excel: 

(Catatan penting, tahapan pembuatan slip gaji di Excel ini bisa Anda lakukan setelah sebelumnya mengikuti tutorial cara menghitung gaji karyawan menggunakan Excel)

1. Susun Format Slip Gaji

Buka file Excel yang Anda gunakan untuk menghitung gaji karyawan. Setelah itu, buat sheet baru untuk menyusun format slip gaji. Saat membuat format slip gaji, ada beberapa elemen penting yang harus Anda cantumkan, yaitu informasi perusahaan, data karyawan, rincian gaji, potongan gaji, serta periode pembayaran gaji. Selain itu, tuliskan judul "Slip Gaji" di bagian atas dokumen. 

2. Rumus Slip Gaji di Excel

Setelah membuat format yang lengkap, Anda perlu menggunakan rumus biar proses pembuatan slip gaji berlangsung otomatis. Untuk itu, Anda bisa menggunakan rumus VLOOKUP. Format penggunaan rumus VLOOKUP yang bisa Anda pakai untuk dalam cara membuat slip gaji lewat Excel adalah sebagai berikut: =VLOOKUP(NilaiDicari;Tabel Referensi; Kolom [RangeLookup]

  • NilaiDicari pada rumus Vlookup merupakan nominal yang menjadi bahan referensi. Nilai pada NilaiDicari bisa berupa angka, tanggal, ataupun teks. 
  • Tabel Referensi di rumus Vlookup merupakan tabel referensi. Tabel tersebut setidaknya harus memiliki dua kolom. Selain itu, NilaiDicari terletak pada kolom pertama pada tabel tersebut. 
  • Nomor Kolom di rumus Vlookup adalah nomor kolom pada Tabel Referensi dengan nilai data. 
  • RangeLookup adalah nilai logika berupa True atau False. Nilai logika ini berlaku sebagai acuan apakah Anda menggunakan nilai VLOOKUP ketika menemukan hasil yang sama atau mendekati. 

Dengan menggunakan format tersebut, Anda bisa memasukkan berbagai komponen serta detail slip gaji dari sheet atau lembar perhitungan gaji karyawan.

3. Rapikan dan Atur Format Slip Gaji

Terakhir, Anda perlu merapikan format slip gaji agar hasilnya bagus saat dicetak. 

Cara Membuat Slip Gaji di Microsoft Word

© pixabay.com

Selain memanfaatkan Microsoft Excel, ada pula solusi dengan cara membuat slip gaji menggunakan Microsoft Word. Seperti halnya di Excel, proses pembuatan slip gaji di Word bisa berlangsung otomatis. Hal ini bisa Anda lakukan karena menggunakan fitur yang berguna menghubungkan file Word dengan Excel. 

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam cara membuat slip gaji menggunakan Microsoft Word adalah sebagai berikut: 

  1. Buka berkas dokumen baru di Microsoft Word.
  2. Susun format gaji dalam bentuk tabel secara rapi. Jangan lupa untuk memasukkan elemen penting yang telah disebutkan sebelumnya. Sebagai tambahan, Anda dapat pula mencantumkan logo perusahaan. 
  3. Lakukan pengisian sesuai dengan komponen gaji para karyawan.
  4. Manfaatkan fitur Mail Merge yang bisa Anda temukan di opsi menu Mailings. Mail Merge sangat berguna dalam cara membuat slip gaji sederhana. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembuatan surat dengan isi yang sama tetapi mempunyai identitas penerima berbeda. 
  5. Hubungkan berkas Word dengan Excel. Pastikan bahwa Untuk menghubungkannya, ada beberapa tahapan yang perlu Anda jalankan, yaitu: 
  • Buka menu Mailings > Start Mail Merge > Select Recipients > Use Existing List.
  • Pilih dokumen Excel yang Anda jadikan sebagai sumber data. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan berkas Excel perhitungan gaji karyawan. Pilih Sheet yang dipakai dan centang opsi First row of data contains column headers dan klik OK. 
  • Berkas Excel sudah terkoneksi ke Word. Selanjutnya, Anda tinggal menempatkannya pada posisi yang tepat. Sebagai contoh, untuk bagian nama, Anda perlu menempatkan kursor di baris yang perlu diisi nama karyawan. Lalu, Insert Merge Field dan pilih opsi Nama. 
  • Lakukan langkah serupa untuk opsi pengisian lain di slip gaji. 
  1. Rapikan format slip gaji biar teratur dan rapi. 

Itulah tutorial tentang cara buat slip gaji menggunakan Microsoft Word dan Excel yang bisa Anda lakukan sendiri. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan cukup banyak sehingga mungkin agak rumit bagi Anda yang belum terbiasa dengan rumus Excel. 

Kabar baiknya, ada solusi cara bikin slip gaji yang lebih mudah. Solusi tersebut bisa Anda temukan lewat penggunaan aplikasi Bukugaji. Bukugaji menawarkan solusi cara membuat slip gaji di HP yang sangat praktis. 

Saat menggunakan Bukugaji, Anda tidak perlu pusing memikirkan format serta rumus Excel yang perlu dipakai. Fitur pembuatan slip gaji bisa Anda gunakan secara langsung di dalamnya. Bahkan, Anda bisa pula melakukan pengiriman slip gaji via HP. Praktis, kan? 

Semua fitur yang ada di dalamnya, gratis, lho! Yuk, segera download dan install Bukugaji.

Related Posts