Aplikasi Slip Gaji Online: Pengelolaan Karyawan Kini Semakin Mudah

November 23, 2021
Seputar HRD UMKM
5 menit

Slip gaji karyawan adalah dokumen penting yang diberikan perusahaan pada karyawan sebagai bukti pembayaran dan bentuk pertanggungjawaban. Berdasarkan PP No. 78 Tahun 2015 pasal 17 ayat 2 tentang pengupahan, pengusaha atau perusahaan wajib memberikan slip gaji sederhana yang memuat rincian upah karyawan. Setiap tanggal penggajian, staf manajemen karyawan akan menyusun serta mengedarkan payslip, baik diminta ataupun tidak.

Tujuan dan Fungsi Memberikan Slip Gaji Karyawan

© pixabay

Tujuan pemberian payslip pada karyawan untuk memberikan bukti tertulis bahwa perusahaan telah menunaikan kewajibannya. Meskipun tampak sepele, faktanya slip gaji memiliki beragam fungsi yang akan memudahkan perusahaan mengelola keuangan. Adapun fungsi payslip, antara lain:

  • Sebagai bukti gaji karyawan telah dibayar perusahaan sebesar nominal yang tertera pada payslip.
  • Mendukung transparansi penggajian sehingga setiap karyawan mengetahui informasi perhitungan gaji secara detail.
  • Sebagai dokumen sah yang dapat digunakan untuk beragam tujuan, seperti pengajuan kredit kendaraan, KTA, atau cicilan rumah. 
  • Bagi karyawan, payslip dapat dijadikan sebagai referensi ketika melamar pekerjaan dengan posisi lebih tinggi. 

Keuntungan yang Didapat Dari Slip Gaji Online

Payslip konvensional dibuat menggunakan program spreadsheet Microsoft Excel yang hasilnya dicetak dan diberikan ke seluruh karyawan dalam amplop tertutup. Hal ini bukan hanya menghabiskan banyak biaya pembelian kertas dan tinta, melainkan juga tidak efisien waktu. Perkembangan teknologi yang pesat mendorong terciptanya aplikasi penggajian yang dinilai lebih praktis daripada cara konvensional. 

Dalam praktik modern, sebagian besar pebisnis telah meninggalkan cara konvensional karena dianggap tidak efisien. Cara konvensional menyulitkan perusahaan karena harus menyediakan anggaran untuk mencetak payslip dan memberikan uang lembur pada staf yang bertanggung jawab. Berbeda dengan cara manual, payslip online berbasis teknologi yang dilengkapi ruang penyimpanan besar sehingga proses pengelolaan dan penyimpanan data gaji karyawan lebih aman. 

Payslip modern menggunakan format digital yang dapat dikirim melalui email masing-masing karyawan. E-payslip dapat diakses kapan pun oleh karyawan bersangkutan. Berbekal software atau aplikasi, Anda akan mendapat sejumlah keuntungan berikut ini.

  • Proses kerja staf administrasi lebih ringan lantaran aplikasi gaji telah dilengkapi sistem hitung otomatis dengan tingkat akurasi tinggi.
  • Bukti slip gaji online akan dikirim dengan format PDF sehingga perusahaan tidak menghabiskan anggaran untuk membeli kertas. Secara tidak langsung, gajian online mendukung program ramah lingkungan.
  • Tanpa kertas, kerahasiaan data yang tertera pada payslip lebih terjamin. Pasalnya, aplikasi penggajian online memanfaatkan server Cloud untuk menyimpan data yang hanya bisa diakses oleh pihak tertentu. 
  • Penggunaan payslip online juga memungkinkan proses pendistribusian bukti gaji lebih cepat.  

Ini Informasi Penting yang Harus Dicantumkan di Slip Gaji

Sebenarnya, cara membuat slip gaji tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hal utama yang wajib dipahami adalah terkait format slip gaji. Pada dasarnya, format payslip konvensional dan online tidak berbeda jauh. Keduanya berisikan sejumlah informasi pokok mengenai identitas pemberi kerja hingga rincian gaji. Hal yang membedakan terletak pada proses penyusunan, pendistribusian, dan keamanan data. Adapun sejumlah informasi yang wajib tercantum dalam payslip, antara lain:

  • Identitas pemberi kerja, meliputi nama lengkap, alamat perusahaan, kontak, dan logo perusahaan.
  • Identitas karyawan, meliputi nama lengkap, Nomor Induk Karyawan (NIK), jabatan, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Tanggal pembayaran gaji lengkap dengan informasi pembuat payslip.
  • Rincian gaji karyawan, meliputi gaji pokok, tunjangan (uang makan, transportasi, karier, serta tunjangan tetap dan tidak tetap), potongan gaji (PPh 21, iuran BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan), denda, serta uang lembur, komisi, dan bonus tahunan (jika ada).

Seberapa Penting Memberikan Slip Gaji Pada Karyawan?

© pixabay

Pemberian payslip tergolong penting, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Bagi perusahaan, payslip menjadi bukti telah menyelesaikan kewajiban. Apabila terjadi masalah terkait hak karyawan, perusahaan dapat dengan mudah mengeluarkan bukti sah pembayaran. Payslip juga bisa menjadi pedoman untuk alokasi anggaran gaji karyawan, termasuk pertimbangan kebijakan perusahaan di bidang keuangan. Pemberian payslip pada karyawan menandakan bahwa perusahaan bersikap transparan. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. 

Bagi karyawan, payslip dapat digunakan sebagai informasi rincian perhitungan gaji. Payslip juga dapat memudahkan karyawan mengajukan kredit perbankan atau melengkapi dokumen untuk pekerjaan baru. Apabila perusahaan tidak memberikan bukti pembayaran gaji, sebagai karyawan Anda berhak memintanya. 

Slip Gaji Karyawan di Aplikasi Bukugaji

Apabila Anda merupakan seorang pebisnis atau memiliki perusahaan dengan jumlah karyawan banyak, aplikasi gajian sangat direkomendasikan untuk memudahkan proses penggajian. Salah satu yang terbaik adalah Bukugaji. Bukugaji merupakan aplikasi payroll yang menawarkan fitur hitung gaji otomatis dan cetak payslip online, termasuk slip gaji SDM.

Bukugaji membantu perusahaan meminimalisasi human error dalam proses kalkulasi gaji dan menghemat anggaran pengelolaan administrasi. Kehadiran Bukugaji menjadi solusi cerdas untuk membantu Anda merekap data, menandai absensi karyawan, mengatur pembagian shift dan jadwal lembur, mengelola jadwal kerja karyawan, menghitung pinjaman, uang lembur, dan slip gaji. Aplikasi Bukugaji menawarkan fitur yang berguna untuk menyederhanakan pekerjaan berkaitan dengan karyawan secara rinci dan akurat.

Asyiknya lagi, aplikasi Bukugaji mudah digunakan. Bahkan, bagi pemula sekalipun. Berkomitmen untuk menjaga keamanan data dan privasi pengguna, Bukugaji menjamin seluruh informasi perusahaan Anda tidak dibagikan ke pihak mana pun. Lantaran seluruh data disimpan di AWS Cloud, Anda dapat mengaksesnya kapan pun dibutuhkan. 

Berkat Bukugaji, karyawan tak perlu melakukan absensi melalui mesin fingerprint karena sudah terdata secara otomatis. Dirancang khusus untuk pebisnis dan UMKM, Bukugaji memungkinkan Anda bekerja lebih produktif. Kini, Anda tak perlu lagi menggunakan cara manual yang merepotkan dan menghabiskan waktu karena ada Bukugaji. Tunggu apalagi? Yuk, instal Bukugaji gratis melalui Google Play Store dan bergabung dengan lebih dari 10.000 pelaku usaha lainnya untuk memajukan perekonomian Indonesia!

Related Posts